Public Speaking
Public speaking adalah salah satu keahlian professional yang dapat mendorong kemajuan karier. Orang lain bisa menilai Anda sebagai profesional yang punya talenta lengkap dan mampu menjadi pemimpin di kemudian hari. Bagi sebagian orang, public speaking terasa menakutkan. Kekhawatiran akan berbuat kesalahan dan merasa dihakimi, bisa menghalangi orang untuk maju. Namun, Anda harus bisa mengatasi hal ini agar dapat […]

Public speaking adalah salah satu keahlian professional yang dapat mendorong kemajuan karier. Orang lain bisa menilai Anda sebagai profesional yang punya talenta lengkap dan mampu menjadi pemimpin di kemudian hari.

Bagi sebagian orang, public speaking terasa menakutkan. Kekhawatiran akan berbuat kesalahan dan merasa dihakimi, bisa menghalangi orang untuk maju. Namun, Anda harus bisa mengatasi hal ini agar dapat mencapai level karier yang lebih tinggi.

Berikut tips mengasah kemampuan public speaking di tempat kerja.

Pahami Penonton

Anda harus tahu siapa calon audience yang akan menyaksikan nanti. Dengan demikian Anda bisa menyesuaikan cara menyapa, pemilihan kata, menyaring informasi yang tepat sampai sisipan humor yang cocok.

Jika Anda hanya akan mengemukakan gagasan di depan rekan kerja yang ada di dalam satu tim, tentu saja gaya bicara Anda akan lebih leluasa. Mungkin, Anda bisa sampai menjelaskan filosofi dibalik setiap gagasan dan strategi yang akan dijalankan. Namun, bila Anda diminta mempresentasikan proyek di depan bos besar, maka teknik penyampaiannya pun berbeda. Kalau perlu, kenali tipe atasan Anda apakah berorientasi pada hasil atau ingin tahu secara detail.

Persiapan Materi

Anda perlu memilah materi yang akan disampaikan kepada audience dengan bijak. Sebagian konten memang harus ditampilkan, tapi ada bagian lain yang semestinya hanya jadi rahasia dapur saja. Oleh karenanya, salah satu tips public speaking yang mesti Anda lakukan adalah membuat kerangka pidato. Lalu, Anda bisa merumuskan dari mulai topik, tujuan, hingga ide utama.

Setelah materi inti siap, Anda juga perlu memikirkan cara agar memikat audience sejak awal. Anda dapat membuka presentasi dengan data statistik yang mengejutkan, atau kutipan terkenal yang relevan. Pada bagian penutup, Anda bisa memberikan kesimpulan dan pesan yang kuat.

Latihan

Semua orang pasti pernah merasa gugup sebelum naik ke atas panggung. Pimpinan Anda yang sudah sering presentasi di depan umum pun demikian. Coba saja tanyakan! Tetapi, justru dengan merasakan grogi, Anda jadi lebih waspada dan berusaha untuk mempersiapkan diri dengan berlatih.

Latihan public speaking bisa dilakukan di depan cermin atau merekam penampilan dengan video. Dengan melihat cermin dan hasil rekaman, Anda dapat memperhatikan sendiri perkataan yang keluar dan gestur yang terlihat. Anda juga dapat meminta satu atau dua orang rekan kerja untuk “menonton” dan memberikan kritik serta saran setelahnya. Jika sudah nyaman dan terbiasa membawakan materi berulang-ulang, nantinya Anda akan meninggalkan semua catatan itu dan bisa melakukan improvisasi.

Optimalkan Peralatan Pendukung

Presentasi Anda bisa ditampilkan dalam program aplikasi. Pada materi tersebut dapat ditambahkan dengan video atau audio yang mendukung. Dengan visual yang menarik, penonton bisa lebih terikat dengan penampilan Anda dan menangkap ide atau pesan yang disampaikan.

Untuk itu, Anda perlu membiasakan diri dengan berbagai teknologi yang dapat mendukung presentasi. Dengan demikian, sedikit gangguan saat penampilan tidak akan membuyarkan segala persiapan dan teknik public speaking yang sudah Anda pelajari.

Semua tips ini mungkin tidak akan membuat Anda memiliki keahlian public speaking yang sempurna. Keraguan, perasaan gugup, dan kesalahan akan selalu ada. Tetapi, setidaknya Anda dapat mempersiapkan diri sehingga dapat menampilkan yang terbaik.

Dengan memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni, maka Anda akan lebih menonjol dibandingkan rekan kerja lainnya. Jika dapat diandalkan, siapa tahu Anda akan menjadi leader berikutnya

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *